Belanja semakin mudah hanya dari gadget, cek sekarang...!!!


Cara Membaca Bilangan Biner
Bilangan biner atau bilangan dengan susunan yang hanya bisa diisi oleh dua angka ini sering digunakan untuk perangkat elektronik. Misalnya pada perangkat komputer, smartphone, ponsel dan sebagainya.

Dalam sehari kita mengenal bilangan desimal. Namun dalam teknologi ada istilah yang namanya bilangan biner. Bilangan biner dan bilangan desimal ini sebenarnya sama juga namun dalam bilangan biner ini hanya terdiri dari dua angka saja dan tidak termasuk ke semua angka desimal yaitu mulai dari angka 0 hingga angka 9.

Penggunaan bilangan biner pada perangkat elektronik karena pada perangkat tersebut memiliki dua kondisi yaitu menerima aliran listrik dan tidak menerima aliran listrik. Itulah sebab perangkat elektronik digunakan bilangan biner untuk menyesuaikan dengan dua karakteristik yaitu angka satu jika mendapat aliran listrik dan angka nol jika tidak mendapatkan aliran listrik. Maka satuan penyimpanan digital dinamai dengan bit yang merupakan singkatan dari binary digit.

Sebelumnya sudah kita bagi mengenai apa itu bilangan biner. Maka pada artikel ini kita akan mencoba menulis cara membaca bilangan biner karena dalam mengenal dasar - dasar jaringan komputer bilangan biner merupakan salah satu yang dasar yang harus di ketahui.

Berikut ini kita belajar dasar - dasar bilangan biner yaitu dengan cara mengetahui cara membacanya. Sebagai contoh bilangan biner yaitu 0101 (4bit) maka jika diterjemahkan ke angka desimal yaitu :
(2^3) + (2^2) + (2^1) + (2^0)
= 0 x (2^3) + 1 x (2^2) + 0 x (2^1) + 1 x (2^0)
= 0 + 4 + 0 + 1
= 5
jadi, 0101 (biner) = 5
Note: tanda “^” = pangkat

Contoh lain bisa kita temukan yaitu dalam satu LAN maksimal jumlah host adalah 255. Mengapa demikian? Jawabannya bisa kita lihat hasil berikut.
Host identifier untuk IP kelas c besarnya 1 byte (8 bit) = 11111111 (biner) jika diterjemahkan menjadi :
(2^7) + (2^6) + (2^5) + (2^4) + (2^3) + (2^2) + (2^1) + (2^0)
= 128 + 64 + 32 + 16 + 8 + 4 + 2 + 1
= 255

Itulah sedikit pembahasan mengenai bilangan biner. Untuk belajar dasar jaringan komputer bilangan biner harus bisa dipahami. Kita membagikan tulisan ini sambil belajar.
Baca juga :Marimas Bikin Adem, Tidak Bikin Batuk
        Banner iklan disini