Belanja semakin mudah hanya dari gadget, cek sekarang...!!!


Saat ini komputer sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahkan kini dengan komputer kita bisa mengetahui informasi - informasi dari tempat lain sampai informasi dari negara lain bisa kita ketahui dengan adanya komputer.

Untuk mengetahui informasi tersebut tentunya kita harus menggunakan jaringan internet. Dengan jaringan internet kita bisa memakai koneksi sehingga data atau informasi yang dipublikasikan pada website pengguna internet bisa kita membacanya.

Perkembangan jaringan komputer mulai dari jaringan lokal hingga menjangkau jaringan yang lebih luas hingga ke seluruh dunia. Adapun hasil perkembangan jangkaun jaringan komputer ini terbagi dari beberapa bagian :

1. LAN (Local Area Network)
Untuk jaringan ini hanya menjangkau wilayah yang sangat kecil seperti di dalam ruangan, gedung, kantor atau sekolah.

Jaringan LAN diibaratkan seperti sebuah komplek perumahan yang mana terdapat beberapa unit rumah di dalam area komplek tersebut. Untuk tiap - tiap rumah tentunya mempunyai nomor rumah. Nomor rumah ini dalam komputer diistilahkan dengan IP Address (Internet Protocol Address) atau nama lain alamat IP yang biasa disingkat dengan IP.

IP terdiri dari susunan angka biner (1 dan 0) sepanjang 32 bit (IP Address versi 4) yang terbagi menjadi 4 bagian yaitu W.X.Y.Z. Tiap bagian terdiri dari 1 oktet atau 8 bit atau 1 byte.

Untuk pemberian alamat IP ini dibagi ke dalam beberapa kelas yaitu A, B, C, D dan E. Untuk jaringan lokal memakai kelas C yang mana oktet pertama bernilai 192-223. Tiga oktet pertama (W.X.Y) digunakan sebagai network identifier atau penanda jaringan. Sedangkan untuk oktet terakhir (Z) digunakan sebagai host identifier atau penanda host  (komputer).

2. MAN (Metropolitan Are Network)
Jaringan MAN merupakan suatu jaringan yang menghubungkan jaringan misalnya antar kantor, sekolah, pemerintahan atau yang lainnya. Adapun jaringan ini hanya menjangkau dalam satu kota antara 10 km sampai 50 km.

3. WAN (Wide Area Network)
Merupakan jaringan komputer yang mencakup wilayah yang lebih luas hingga dapat menghubungkan jaringan komputer antar wilayah, kota bahkan antar negara.

4. Internet (Interconnection-networking)
Jaringan Internet bisa menghubungkan komputer secara global sehingga dengan internet seluruh jaringan komputer di seluruh dunia bisa terhubung dengan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani pengguna yang begitu banyak.

Demikian sedikit tulisan mengenai dasar - dasar jaringan komputer. Memang sebagai pemula yang baru mengenal komputer tentunya kurang paham dengan yang namanya jaringan komputer.
Baca juga :Marimas Bikin Adem, Tidak Bikin Batuk
        Banner iklan disini