Belanja semakin mudah hanya dari gadget, cek sekarang...!!!


Laptop atau komputer sekarang ini sudah rata-rata mempunyai satu atau bahkan lebih. Dalam hal pemakaian mungkin cepat atau lambat kita akan mengalami masalah. Banyak sekali masalah-masalah yang kemungkinan akan kita alami bila masih menggunakan komputer sebagai alat pembantu dalam membuat file-file.

Diantara sekian banyak masalah yaitu komputer atau laptop kita tiba-tiba blank pada desktop dan background hilang sendiri serta ada tulisan di kanan bawah layar Windows 7 Build 7601 Not Genuine. Selain itu laptop kita terserang virus dan membuat laptop kita menjadi lambat.

Apabila hal demikian sudah terjadi pada laptop kita maka ada kemungkinan untuk meminta diinstall ulang. Dengan demikian kita harus mencoba belajar install ulang sendiri atau langsung bawa ke tempat servis. Tapi bila kita setiap kali install ulang harus bawa ke tempat servis membuat malas juga karena harus menyiap uang. Untuk itu kita bisa belajar sedikit-sedikit mengenal bagaimana solusi untuk menginstall ulang laptop maka dengan mempelajarinya kita lama-lama sudah bisa sendiri sehingga sudah menghematkan ekonomi.

Sesudah kita mempelajari bagaimana cara install ulang laptop dan kita sudah mempraktekkannya sehingga kita benar-benar bisa maka ada kesempatan untuk mencoba membantu install ulang laptop teman-teman kita yang kadang-kadang mereka ingin meninstal ulang dengan adanya kita maka bisa kita membantunya.

Maka dalam artikel ini kita mencoba menulis sedikit apa saja yang harus disediakan saat kita ingin meninstal ulang laptop. Adapun tools ini disediakan untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul pada saat instal ulang atau sesudah instal ulang nantinya.

Tool yang diperlukan dalam hal ini ada dua macam yaitu tool sebelum install ulang atau Pre Install dan Tool sesudah proses install ulang selesai atau Pasca Install.

Adapun Pre Install ada 4 macam :
1. CD maupun File ISO Windows
Merupakan hal yang sangat penting untuk kita miliki ketika kita ingin menginstall ulang sebuah laptop atau komputer.

2. Universall USB Installer
Merupakan sebuah tool yang digunakan untuk menjadikan flashdisk sebagai pengganti keping DVD Windows untuk install ulang. Universall USB Installer dapat menggantikan peran CD maupun DVD dan dapat mempercepat proses penginstalan ulang.

Universall USB Installer hanya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar hanya 1,03 MB saja namun mempunyai kemampuan yang baik untuk menjadikan USB seperti Flashdisk menjadi Installer Windows yang mungkin lebih baik dari DVD.

Kelebihan Universall USB Installer
  1. Ukuran file yang kecil cuma 1,03 MB dan akan mempercepat proses download
  2. Lisensi gratis
  3. Mudah penggunaannya hanya memerlukan beberapa saat saja
  4. Cocok untuk yang memiliki Netbook karena tidak mempunyai DVD
  5. Support pada sebagian besar sistem operasi baik untuk Linux dan distro-distronya seperti Ubuntu, Linux, Mint, Zorin dan lain-lain atau untuk Sistem Operasi Windows seperti Windows XP, Vista, Windows 7 dan Windows 8
  6. Bersifat Portable sehingga kita tidak perlu menginstallnya pada sistem operasi begitu juga mudah untuk dibawa kemana saja hanya dengan mencopy filenya kedalam flashdisk kita
Cara penggunaannya :
Untuk membuat installer windows kedalam sebuah flashdisk yang harus disiapkan adalah :
  1. File ISO Sistem Operasi yang akan kita install baik Linux ataupun Windows
  2. Flashdisk dengan ukuran yang sesuai dengan file OS yang akan diinstall seperti Widows 8 dengan ukuran filenya 2 GB maka flashdisk di atas 2 GB bisa dengan 4 GB.
Membuat Installer
  1. Jalankan aplikasi Universall USB Installer
  2. Browser file ISO yang akan dijadikan sumber dan akan kita Restore kedalam flashdisk
  3. Pilih flashdisk
  4. Selanjutnya pilih OS sesuai yang akan diinstall
  5. Klik Create dan tunggu hingga proses selesai
Perlu diketahui dalam menggunakan Universall USB Installer flashdisk yang akan digunakan harus kosong karena dalam proses program ini akan memformat flashdisk tersebut maka sebaiknya agar tidak ada file penting di dalam flashdisk.

3. Hirens Boot CD
Merupakan sebuah sistem operasi yang digunakan untuk mengamankan data jika laptop yang diinstal lulang sistemnya sudah rusak sedangkan data pada hardisk laptop masih ada dan belum diamankan.

4. DVD maupun file ISO Linux Ubuntu
Fungsi DVD maupun file ISO Linux Ubuntu sama dengan Hirens Boot CD yaitu sebagai OS sementara untuk mengamankan data atau file yang masih ada diharddisk laptop. ISO Linux Ubuntu banyak digunakan dan pengoperasiannya lebih mudah dibandingkan dengan Hirens Boot CD.

Pasca Install ada 3 macam :
1. Driver Pack Solution
Yaitu sebuah software yang ada padanya ribuan database driver komputer.

2. Driver Genius
Merupakan sebuah program yang berfungsi sama dengan Driver Pack Solution. Software ini lebih kecil yaitu hanya 12 MB sedangkan Driver Pack Solution mencapai 8 GB. Driver Genius tidak berisikan kumpulan driver secara langsung tetapi berfungsi sebagai scanner yang berguna untuk mendeteksi driver laptop yang belum terinstall dan mengarah kita untuk mendownload langsung secara online.

3. AMD Auto Detect
Yaitu sebuah program mini dari AMD yang bagus untuk membaca spesifikasi VGA laptop yang menggunakan VGA AMD. Tool ini mendeteksi VGA kemudian setelah terdeteksi maka software ini akan mendowload driver langsung pada situs AMD sesuai yang dibutuhkan.
        Banner iklan disini