Belanja semakin mudah hanya dari gadget, cek sekarang...!!!


Pada sore ini saya ingin menulis lagi sedikit tutorial yaitu mengenai Tutorial Photoshop. Kemarin saya sudah menulis sedikit Tutorial Photoshop yaitu mengenai Cara Membuat Kaligrafi, maka pada postingan kali ini saya akan menulis Cara Membuat Kaligrafil Efek 3D di Photoshop CS3.

Bagi para ahli memang ini sudah sangat memahami, mungkin tutorial saya ini kurang akurat saya minta maaf karena ini hanya tutorial seorang pemula yang ingin belajar sambil mencoba karena tak ada salahnya untuk berusaha mencoba apalagi dalam membuat kaligrafi Arab yang merupakan bahasa yang sangat mulia.

Seni kaligrafi merupakan sebuah seni yang sangat menarik untuk dilihat karena terkait bahasa Arab yang sangat mulia. Saya sendiri suka seni kaligrafi tapi kurang mengerti teknik - teknik yang digunakan dalam membuat seni kaligrafi. Hanya saja teringat saya waktu SMP saya pernah belajar pelajaran Kaligrafi tapi waktu sangat singkat sehingga hanya bisa sedikit - sedikit dan tidak sepenuhnya mengerti. Maka dengan adanya internet saya mencoba belajar membuat seni kaligrafi sedikit demi sedikit mudah - mudahan jadi bukit...hehe

Dalam belajar memang harus punya kesabaran sehingga dengan adanya kesabaran InsyaAllah kita bisa. Adapun semua tutorial yang saya tulis di dalam blog ini merupakan catatan untuk bisa mengulang - ulang kembali kalau ada waktu. Adapun tutorial ini merupakan hasil yang sudah saya praktekkan dan akan hasilnya kira - kira seperti gambar di atas. Mungkin bila sobat ingin mengembangkan itu lebih baik karena akan ada hasil yang lebih bagus lagi dari pada hasil yang telah saya kerjakan.

Baiklah bagi sobat yang ingin mencoba tutorial ini silakan ikuti langkah - langkah berikut walaupun sedikit capek,...huhu

1. Buka Photoshop
2. Buatlah Canvas dan duplikat canvas dengan cara menekan Ctrl + J kemudian Warnai Canvas
3. Sekarang tinggal masukkan Kaligrafinya ( sebelum dimasukkan Kaligrafi ke Canvas terlebih dahulu membuat layer baru dengan cara klik Ctrl + Shift + N ) yaitu dengan cara klik brush yang ada di Toolbox 

4. Selanjutnya tahap memberi efek yaitu dengan cara klik kanan pada layer Kaligrafi >> Blending Options >> centang dan pilih Inner Shadow ( sesuaikan menurut sobat ) >> centang Bevel and Emboss ( sesuaikan menurut sobat ) >> centang dan pilih Gradient Overlay ( sesuaikan menurut sobat ) >> centang dan pilih Stroke ( sesuaikan menurut sobat ) >> OK

5. Klik Edit >> Transform >> Warp >> Arc Upper >> klik kursor yang ada di Toolbox di atas dan Apply
6. Duplikat layer brush sehingga ada 6 atau terserah sobat >> klik kanan pada semua layer hasil duplikat tadi kecuali yang terakhir dan pilih Clear Layer Style 
7. Klik pada layer duplikat yang terakhir dan tekan Alt + tombol kiri 5 X + tombol bawah 5 X dan lihat hasilnya
8. Untuk membuat Kaligrafi tersebut terlihat lebih indah tambahkan brush yang lain ( bisa download Brush linewaves_HMS dan Brush Simen91's Star and Light Effect Brushes ) dan klik Filter >> Render >> Lighting Effects >> pada Style pilih RGB Lights >> OK
Maka hasilnya kurang lebih seperti gambar berikut

Alhamdulillah selesai juga membuat Kaligrafi Efek 3D walaupun agak gampang - gampang susah. Semoga tutorial ini bermanfaat buat saya dan sobat yang membaca...
Sekian dulu tutorialnya kalau ada waktu saya belajar lagi tutorial yang lain dan kalau tidak ada halangan saya bagikan disini...

--> Baca juga artikel lainnya yang ada di dalam blog ini yaitu Membuat Kaligrafi Efek Bias Air Photoshop CS3
Saya ingin hadiahkan Naat Nabi yang sudah saya tulis dalam format Microsoft Office Word 2007 langsung klik disini...!!!
        Banner iklan disini