Belanja semakin mudah hanya dari gadget, cek sekarang...!!!


Cara membuat kaligrafi,efek photoshop,efek bias air,photoshop cs3
Tanpa terasa bulan Ra'jab hampir habis yang tadi malam merupakan 27 Ra'jab atau disebut juga malam Israq Mi'raj. Sambil duduk di depan monitor saya ingin menulis sedikit Tutorial Photoshop yaitu mengenai seni kaligrafi karena tutorial ini saya tulis mengingat saya lagi belajar untuk bisa mengulang - ulangnya dikemudian hari kalau ada waktu.

Tutorial ini saya dapat di internet yang menyangkut dengan  text tapi saya mencoba mengembangkan dengan memakai kaligrafi tidak lagi memakai text mengingat mungkin ada juga sobat pembaca yang menyukai seni kaligrafi.

Seni kaligrafi merupakan sebuah seni yang sangat menarik untuk dilihat karena terkait bahasa Arab yang sangat mulia. Saya sendiri suka seni kaligrafi tapi kurang mengerti teknik - teknik yang digunakan dalam membuat seni kaligrafi. Hanya saja teringat saya waktu SMP saya pernah belajar pelajaran Kaligrafi tapi waktu sangat singkat sehingga hanya bisa sedikit - sedikit dan tidak sepenuhnya mengerti. Maka dengan adanya internet saya mencoba belajar membuat seni kaligrafi sedikit demi sedikit mudah - mudahan jadi bukit...hehe

Dalam belajar memang harus punya kesabaran sehingga dengan adanya kesabaran InsyaAllah kita bisa. Adapun semua tutorial yang saya tulis di dalam blog ini merupakan catatan untuk bisa mengulang - ulang kembali kalau ada waktu. Selanjutnya mungkin saya akan menulis langsung tutorialnya karena waktu sudah sore.

Langkah - langkah yang dapat saya tulis adalah sebagai berikut :

1. Buka Photoshop dan buat sebuah layer kemudian duplikat layernya
2. Warnai layernya ( bisa juga sekalian memberi efek layer yaitu dengan cara klik kanan pada layer dan pilih Blending Options >> centang Satin >> pilih warna dan saya disini menggunakan warna #999999 >> OK  )
3. Tekan Ctrl + Shift + N dan beri Brush Kaligrafi kalau belum punya Brush Kaligrafi bisa download disini  pada layer yang sudah anda buat tadi dan bila sobat belum tau cara menambahnya bisa baca Membuat Kaligrafi Pada Photoshop CS3
4. Warnai kaligrafi dengan warna yang anda sukai ( disini saya menggunakan warna #00cc66 ) dengan cara klik kanan pada layer >> Blending Options >> centang Color Overlay >> pilih warna >> OK
5. Duplikat layer kaligrafi yaitu dengan cara klik kanan pada layer dan pilih Duplicate Layer atau dengan cara tekan Ctrl + J
6. Pilih Filter >> Distort >> Ripple
7. Sesuaikan Amount >> OK 
8. Lihat hasilnya, bila ingin menghiasi kaligrafinya bisa menambah brush yang lain 

Memang seni kaligrafi Arab bila kita ingin bila dilihat sangatlah indah apalagi sudah dihiasi dengan bermacam - macam hiasan di dalam bingkainya. Itulah langkah - langkah yang mungkin dapat saya uraikan dalam artikel ini hanya saja tutorial ini saya tulis bukan berarti ingin menggurui tetapi saya menulis sambil mencoba praktik sedikit efek - efek photoshop seperti pada postingan sebelumnya sudah saya tulis sedikit tutorial mengenai Membuat Kaligrafi Efek 3D.

Demikian sedikit Tutorial Photoshop sore ini yang bisa saya tulis semoga ada manfaatnya bagi kita semua. Wassalam.
        Banner iklan disini