Belanja semakin mudah hanya dari gadget, cek sekarang...!!!


Facebook merupakan salah satu media sosial yang populer sekarang ini. Banyak pengguna facebook menggunakan media ini untuk berbagi status atau pengalaman sehari-hari. Pengguna facebook sekarang banyak digunakan oleh para remaja tetapi banyak juga digunakan oleh para dewasa.

Selain menulis pengalaman di facebook banyak juga pengguna facebook membagi photo-photo mereka. Photo yang dibagikan bermacam-macam adakala photo sendirian ada juga photo bersama sehingga untuk diketahui oleh teman yang photo bersama itu maka mereka menambah tanda pada teman facebook yang ada dalam photo tersebut.

Begitu juga dengan status, catatan dan sebagainya yang dibagikan di facebook para pengguna dengan mudah menambah tanda teman-temannya di facebook. Baiklah kalau photo atau status yang ditandai kita oleh teman facebook biasa saja tetapi bagaimana bila photo atau status yang ditandai kita ada janggal maka membuat kita malu.

Sekarang facebook menyediakan pengaturan untuk meninjau terlebih dahulu baik itu status, photo dan sebagainya supaya pengguna lebih aman dalam menggunakan facebook. Pengaturan ini harus terlebih dahulu diaktifkan oleh pengguna karena kalau tidak diaktifkan biasanya pengaturan ini tidak langsung aktif ketika kita mengaktif atau mendaftar di facebook.

Untuk mengaktifkan peninjauan penandaan yang ada pada pengaturan facebook bisa kita lakukan langkah-langkah berikut ini :
  1. Kita buka dahulu akun facebook kemudian klik link berikut https://www.facebook.com/settings
  2. Selanjutnya kita pilih menu Kronologi dan Penandaan
  3. Pada Siapa yang dapat menambahkan hal-hal ke kronologi saya? (Siapa yang boleh mengirim ke kronologi Anda?) klik Sunting dan pilih Hanya Saya kemudian Tutup
  4. Pada Tinjau kiriman yang menandai Anda sebelum muncul di kronologi Anda? kita klik Sunting >> Nyala >> Tutup
  5. Selanjutnya pada Bagaimana cara mengelola tanda yang ditambahkan orang dan saran tanda? (Tinjau tanda yang ditambahkan orang ke kiriman Anda sebelum tanda itu muncul di Facebook?) klik Sunting >> Nyala >> Tutup
Adapun kegunaan mengaktifkan prantinjau penandaan yaitu dapat mengatasi penandaan yang tidak wajar. Sehingga kronologi tidak langsung mempublikasi status, photo atau yang lainnya tanpa sepengatahuan kita.

Sekarang banyak teman facebook yang tidak kita kenal mereka ada yang menandai kita padahal kita tidak ingin hal yang ditandai itu. Karena kita tidak mengaktifkan pratinjau penandaan terlebih dahulu. Maka untuk mencegah hal itu terjadi kita bisa mengaktifkannya dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Selain itu jaringan sosial sekarang ini banyak sekali digunakan oleh pengguna internet. Baik itu orang muda maupun orang tua. Didalam menggunakan media sosial ini ada yang bermanfaat ada juga yang membuat kita tak ada manfaat dengan adanya akun media sosial.

Penyebab ini mungkin akan menjadi seseorang untuk tetap aktif dan untuk menutup akunnya. Akan tetapi bagi yang merasa ada manfaatnya dengan akun media sosial maka mereka akan tetap aktif. Lain halnya dengan mereka yang merasa tidak ada manfaatnya maka mereka ada kemungkinan untuk menghapus atau hanya menonaktif akunnya.

Sebelum kita menghapus atau menonaktif akun facebook kita maka kita akan menulis sedikit perbedaan antara menghapus akun secara permanen dengan menonaktif akun yang bersifat sementara dan bisa dibuka kembali kapan saja.

Menghapus akun Facebook secara permanen
  1. Kita tidak bisa membuka kembali akun yang telah dihapus
  2. Beberapa hal yang kita lakukan di facebook tidak disimpan pada akun kita, misalnya seorang teman mungkin mendapatkan pesan dari kita bahkan setelah kita menghapus akun kita. Informasi ini masih tetap ada setelah kita menghapus akun.
  3. Untuk proses penghapusan memerlukan waktu 90 hari seperti penghapusan photo, pembaruan status atau data lainnya yang disimpan disistem pencadangan data. Saat pihak facebook menghapus informasi ini maka informasi tersebut tidak akan dapat diakses oleh orang lain.
  4. Ada beberapa material seperti catatan log kemungkinan tetap ada didatabase facebook.
Menonaktifkan akun sementara
  1. Orang tidak bisa melihat informasi pada kronologi kita
  2. Akun kita tidak ditemukan pada pencarian
  3. Beberapa informasi seperti pesan yang kita kirim mungkin masih terlihat oleh orang lain
  4. Facebook masih menyimpan informasi yang ada pada akun kita seperti photo, teman dan lain-lain karena jika kita nantinya ingin mengaktifkan kembali akunnya maka akan tetap ada
Setelah mengetahui apa perbedaan antara menghapus akun facebook secara permanen dengan menonaktif akun facebook maka kita akan menulis sedikit bagaimana cara untuk menghapus dan menonatifkannya. 

Menghapus akun facebook secara permanen
Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat kita lakukan :
  1. Log in facebook kita
  2. Kemudian klik https://www.facebook.com/help/delete_account maka akan muncul halaman baru dan klik Hapus Akun Saya
  3. Setelah itu masukkan sandi kita dan juga kode captcha kemudian OKE
  4. Maka akan muncul halaman baru yang berisi pesan penghapusan akun mungkin akun kita tidak langsung dihapus tetapi ada waktu selama 2 minggu dan bila kita masuk kembali maka kita bisa membatalkannya selama waktu yang diberikan belum sampai
Menonaktif akun facebook sementara
  1. Masuk ke akun facebook kita
  2. Kemudian klik menu Pengaturan disudut kanan atas
  3. Pilih Keamanan disamping kiri atau lansung klik disini https://www.facebook.com/settings?tab=security
  4. Klik Sunting pada Nonaktif Akun Anda
  5. Kemudian masukkan kata sandi yang diminta
  6. Pilih Alasan untuk pergi dan klik Tutup
Setelah melakukan langkah-langkah di atas maka akun kita sudah terhapus atau hanya dinonaktif sementara. Maka dalam artikel kita sudah menulis sedikit bagaimana langkah untuk menonaktif dan menghapus akun facebook.

Bila kita merasa tidak bermanfaat dengan adanya akun facebook maka kita bisa untuk menghapusnya. Demikian sedikit tulisan pada kali ini mengenai sosial media.
Demikian sedikit tulisan mengenai bagaimana cara mengaktif prantinjau penandaan dan juga cara menonaktif atau menghaus akun facebook yang mungkin merupakan salah satu cara untuk menjaga keamanan privasi facebook kita.
        Banner iklan disini